Sakit Mata Glaukoma dan Cara Menyembuhkannya – Glaucoma Eye Disease

Sakit Mata Glaukoma . Penyakit glaukoma di mata merupakan penyakit mata gejalanya tidak terlihat secara langsung, Sakit Mata Glaukoma diakibatkan oleh cairan yang keluar mengalami hambatan dan dapat  menekan bola mata yang trdapat di belakang  bola mata shingga aliran darah ke saraf menjadi terhenti atau mati, dan ini mengakibatkan penglihatan berkurang dan patalnya bisa menimbulkan kebutaan.

Sakit Mata Glaukoma dan Cara Menyembuhkannya

Sakit Mata Glaukoma

Mereka yang berusia 40 tahun keatas, kemungkinan bisa mengidap penyakit Glaukoma. Namun demikian, tidak dipungkiri bisa juga menyerang semua umur dan tanpa batasan jenis kelamin. Penyakit ini timbul pada orang-orang yang mempunyai bakat glaukoma atau diakibatkan penyakit mata lain.

Apabila dapat diatasi dengan baik sebelum terjadi kerusakan retina dan syaraf mata, biasanya ada harapan untuk pulih kembali. Penderita glaukoma memerlukan pengawasan seumur hidup. Lebih awal penyakit glaukoma diketahui dan diobati, lebih baik hasil yang dicapai.
sakit mata glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh peningkatan tekanan cairan di dalam mata. Glaukoma akut terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini harus segera diatasi untuk menyelamatkan penglihatan. Pada glaukoma kronis peningkatan tekanan di dalam mata terjadi dalam masa beberapa bulan atau tahun tanpa terjadi gejala apa-apa. Kalau tidak diobati, glaukoma kronis akhirnya mengakibatkan kebutaan total. Glaukoma dapat juga disebabkan oleh penyakit mata lainnya.

Penyebab sakit mata glaukoma

Penanganan dini sebelum parah adalah jalan satu-satunya cara untuk menghindari kerusakan penglihatan serius akibat glaukoma. Jika mempunyai ciri-ciri berikut ini, sebaiknya Anda rutin memeriksakan kesehatan mata:
  1. Ada keluarga Anda yang menderita glaukoma.
  2. Tekanan bola mata tinggi (mata Anda cepat lelah).
  3. Anda menderita miopia atau rabun jauh.
  4. Anda menderita diabetes atau kencing manis.
  5. Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  6. Migrain atau penyempitan pembuluh darah otak (sirkulasi darah buruk)
  7. Pernah mengalami kecelakaan/operasi pada mata sebelumnya
  8. Menggunakan steroid (cortisone) dalam jangka waktu lama

Beberapa jenis Glaukoma atau :

  1. Glaukoma primer : terjadi orang yang memiliki bakat glukoma.
  2. Glaukoma sekunder : terjadi setelah ada penyebab yang mendahuluinya (misalnya gangguan vaskuler, hipertense dan diabetes).
  3. Glaukoma kronis (lambat): terjadi tekanan pada bola mata. Tak ada rasa nyeri, tapi lapang pandangan akan menyempit secara perlahan-lahan.
  4. Glaukoma akut (tiba-tiba): terjadi tekanan disudut bilik mata depan. Serangan menimbulkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan kerusakan permanen bila tidak segera diobati.
  5. Glaukoma kongenital: biasa terjadi pada saat kelahiran atau segera setelah kelahiran. Biasanya disebabkan oleh sistem saluran pembuangan cairan di dalam mata tidak berfungsi dengan baik.

Gejala Sakit Mata Glaukoma

Bila memandang lampu neon/sumber cahaya maka akan timbul warna pelangi di sekitar neon tersebut, mata terasa sakit karena posisi mata dalam keadaan membengkak, penglihatan yang tadinya kabur lama kelamaan akan kembali normal, rasa ingin mengedip terus-menerus dengan menekan kedipan berlebihan. Hal inilah yang membuat para penderita glaukoma tidak menyadari bahwa ia sudah menderita penyakit mata yang kronis. Penyakit mata glaukoma ini dapat diderita kedua mata dari si penderita.
Glaukoma sudut terbuka mungkin baru menimbulkan gejala setelah terjadinya kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. 
Glaukoma sudut terbuka sering terjadi setelah usia 35 tahun, tetapi kadang terjadi pada anak-anak. Penyakit ini cenderung diturunkan dan paling sering ditemukan pada penderita diabetes atau miopia. Glaukoma sudut terbuka lebih sering terjadi dan biasanya penyakit ini lebih berat jika diderita oleh orang kulit hitam.
Pada awalnya, peningkatan tekanan di dalam mata tidak menimbulkan gejala. Lama-lama timbul gejala berupa :
  1. penyempitan lapang pandang tepi
  2. sakit kepala ringan
  3. gangguan penglihatan yang tidak jelas (misalnya melihat lingkaran di sekeliling cahaya lampu atau sulit beradaptasi pada kegelapan).
  4. Pada akhirnya akan terjadi penyempitan lapang pandang yang menyebabkan penderita sulit melihat benda-benda yang terletak di sisi lain ketika penderita melihat lurus ke depan (disebut penglihatan terowongan).

Glaukoma sudut tertutup

Glaukoma sudut tertutup terjadi jika saluran tempat mengalirnya humor aqueus terhalang oleh iris.
Setiap hal yang menyebabkan pelebaran pupil (misalnya cahaya redup, tetes mata pelebar pupil yang digunakan untuk pemeriksaan mata atau obat tertentu), bisa menyebabkan penyumbatan aliran cairan karena terhalang oleh iris. Iris bisa menggeser ke depan dan secara tiba-tiba menutup saluran humor aqueus, sehingga terjadi peningkatan tekanan di dalam mata secara mendadak.
Serangan bisa dipicu oleh pemakaian tetes mata yang melebarkan pupil, atau bisa juga timbul tanpa adanya pemicu. Glaukoma akut lebih sering terjadi pada malam hari karena pupil secara alami akan melebar di bawah cahaya yang redup.

Cara Menyembuhkan Sakit Mata Glaukoma
Berikut iini cara mengatasi atau mengobatai Sakit Mata Glaukoma  :

  1. Periksa kesehatan mata secara teratur.
  2. Segera periksakan mata jika pandangan terasa kabur, remang dan sempit.
  3. Waspada jika memiliki penyakit hipertensi atau diabetes.
  4. Waspada jika di dalam keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit ini.
  5. Jika divonis menderita glaukoma, harus disiplin berobat agar tidak menjadi buta.

Itulah seputar Sakit Mata Glaukoma dan cara mengobatinya semoga manfaat . Tolong share ke facebook .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *