Polip Gigi , Penyebab , Gejala , dan Cara Mencegahnya Secara Tradisional

Polip gigi munkin masih asing diakalangan kita yang awam biasanya kita cuma tau gigi berlubang dan sakit gusi . Disini saya akan menjabarkan tentang polip gigi dan peneyababnya serta cara mencegah gigi dari gangguan polip itu sendiri .

Polip Gigi , Penyebab , Gejala , dan Cara Mencegahnya

Polip gigi atau polip pulpa adalah suatu inflamasi pulpa aktif yang disebabkan oleh suatu pembukaan karies luas pada pulpa muda. Gangguan ini ditandai oleh perkembangan jaringan granulasi, kadang-kadang tertutup oleh epitelium dan disebabkan karena iritasi tingkat rendah yang berlangsing lama.
Polip Gigi , Penyebab , Gejala , dan Cara Mencegahnya Secara Tradisional

Secara histopatalogis, permukaan polip pulpa ditutup epitelium skuamus yang bertingkat-tingkat. Polip pulpa gigi decidui lebih mungkin tertutup oleh epitelium skuamus yang bertingkat-tingkat atau berstrata daripada polip pulpa pada gigi permanen. Epitelium semacam itu dapat berasal dari gingiva atau sel epitel mukosa atau lidah yang baru saja mengalami deskuamasi. Jaringan di dalam kamar pulpa sering berubah menjadi jaringan granulasi, yang menonjol dari pulpa masuk ke dalam lesi karies. Jaringan granulasi adalah jaringan penghubung vaskular, muda dan berisi neutrofil polimorfonuklear, limfosit dan sel-sel plasma. Jaringan pulpa mengalami inflamasi kronis. Serabut saraf dapat ditemukan pada lapisan epitel.

Faktor Penyabab terjadinya polip antara lain :

  • Alergi terutama rinitis alergi.
  • Sinusitis kronik.
  • Iritasi.

Ciri dan Gejala Polip gigi

Pada kasus dengan polip yang kecil, biasanya tidak menimbulkan gejala, tapi jika polip berukuran besar bisa mengakibatkan beberapa gejala:

  • Sakit pada bagian wajah
  • Sakit kepala
  • Bersin
  • Indera penciuman dan indera perasa berkurang atau bahkan mati rasa
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Lendir yang jatuh dari belakang hidung ke tenggorokan
  • Mendengkur
  • Rasa gatal di sekitar mata
  • Sakit pada gigi rahang atas

Baca juga :      7 Cara Merawat Gigi Berlubang
Beberapa gejala utama dari polip hidung mirip dengan gejala flu dan pilek. Tapi gejala flu dan pilek akan menghilang setelah beberapa hari. Gejala polip hidung tidak akan menghilang jika tidak ditangani. Segera temui dokter THT jika Anda merasa mengalami gejala polip hidung.

Cara Merawat Gigi untuk Mencegah Polip Gigi

Untuk pembahasan terakhir untuk menutup artikel ini adalah langkah-langkah untuk mencegah polop gigi sbb :
  1. Gunakan pasta gigi khusus berlubang yang mengandung fluoride untuk mencegah pembesaran lubang pada gigi. Gigi yang berlubang dan dibiarkan begitu saja rentan akan timbulnya polip pada gigi.
  2. Konsumsi multivitamin yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk menguatkan gigi yang berlubang.
  3. Hindari makan dan minuman manis atau asam guna mencegah terjadinya rasa ngilu.
  4. Sikat gigi secara perlahan, gerakannya mulai dari bawah ke atas. Lakukan minimal dua kali sehari yakni pagi dan malam hari. Setelah sarapan dan malam hari menjelang tidur.
  5. Periksakan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali guna memastikan kebersihan dan kesehatan gigi.
  6. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk menjangkau bagian terdalam.
  7. Tahap selanjutnya, dokter akan melakukan pengobatan. Jika kondisinya sudah membaik maka rasa ngilu sudah tidak dirasakan lagi dan dokter akan melakukan penambalan pada gigi guna mencegah timbulnya polip pada gigi Anda.

Dengan kamu merawat gigi dan menghindari makan maka akan terhinda dari penyakit polip gigi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *