Penyebab Keratitis dan Makanan Suplemen Penyembuh Untuk Keratitis Pungtata Superfisialis

Apa itu Keratitis ? Keratitis  adalah merupakan suatu kondisi yang menganggu kesehatan mata khususnya pada area kornea. Biasanya hal ini ditandai dengan terjadinya inflamasi disekitar kornea. Banyak hal yang dapat memicu terjadinya keratitis pungtata. Kasus seperti ini biasanya terjadi para mereka yang sering menggunakan lensa kontak. Siapapun bisa terkena sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam merawat mata.

Makanan Suplemen Penyembuh Untuk Keratitis Pungtata Superfisialis dan Penyababnya

Penyebab dan Makanan Suplemen Penyembuh Untuk Keratitis Pungtata Superfisialis
Sebelum jauh membahas Aakep Keratitis perlu anda tahu bahawa kaeratitis menyerang mata yang notabennya merupakan organ tubuh yang esensial dalam mendukung aktifitas sehari-hari. Mata memang cukup rawan untuk terkena infeksi ataupun komplikasi lainnya. Sehingga tidak heran jika begitu banyak keluhan yang terjadi pada mata. Maka pantaslah jika banyak Rumah Sakit khusus mata didirikan. Mulai dari anak-anak hingga lansia tidak terlepas dari keluhan sakit mata. Bahkan sakit mata pun bisa menular. Sering sekali kita menyaksikan yang sakit mata satu orang dan menulari orang lainnya.

Makanan Suplemen Penyembuh Untuk Keratitis Pungtata Superfisialis

Keratitis meskipun bukan penyakit mematikan namun ia bisa semakin parah kondisinya sampai bisa memicu kebutaan ataupun kerusakan permanen. Untuk itu diharuskan untuk segera dilakukan tindakan pengobatan Keratitis . Untuk  mengobati mata yang sakit Keratitis dianjurkan untuk mengonsumsi makanan suplemen penyembuh seperti dibawah ini:
1.  Karotenoid
Jika hendak mengonsumsi suplemen makanan yang aman, sebaiknya mencari suplemen yang terbuat dari bahan-bahan alami dan mengandung karotenoid. Karotenoid merupakan kandungan alami yang bisa didapat dari makanan berwarna cerah seperti wortel. Karotenoid baik untuk kesehatan mata karena ia bisa diubah menjadi vitamin A dan menutrisi mata dengan baik. Pastikan kandungan dalam suplemen mengandung karotenoid yang berasal dari ekstrak buah atau sayur dan bukan bahan-bahan kimia agar manfaatnya bisa benar-benar terasa.
2. Vitamin B2
Komponen lainnya yang harus diperhatikan ketika hendak membeli ataupun mengonsumsi suplemen makanan untuk mengatasi Keratitis ialah vitamin B2. Vitamin ini dapat membantu mengatur tingkat sensitivitas mata terhadap cahaya. Dengan begitu proses penyembuhan akan lebih cepat. Vitamin B2 yang baik berasal dari bahan alami seperti biji bunga matahari/kuaci. Pada kuaci ini selain mengandung vitamin B2 juga kaya akan zinc dan selenium yang baik untuk kesehatan mata dan mengobati keluhan-keluhannya.
3. Omega-3
Omega-3 sudah lama dikenal baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Omega-3 tidak hanya baik untuk mencerdaskan otak saja namun juga untuk menjaga kesehatan mata. Omega-3 yang paling baik dan tinggi terkandung dalam ikan salmon. Mengonsumsi ikan salmon secara teratur tentunya bermanfaat untuk kesehatan mata. Kalaupun tidak, kita bisa mengonsumsi suplemen makanan yang kaya akan omega-3 berkualitas yang diambil dari ekstrak minyak ikan salmon. 
4. Lutein
Mungkin kita sedikit asing dengan yang namanya Lutein. Ia biasanya terkandung dalam telur terutama putihnya. Maka jika terkena Keratitis sebaiknya mulai konsumsi telur secara rutin untuk sarapan. Selain Lutein, telur juga mengandung zeaxanthin, vitamin A dan D, serta zinc yang bagus untuk memelihara kesehatan mata. Kini, banyak juga suplemen makanan yang mengandung Lutein tinggi sehingga dapat membantu proses penyembuhan keratitis pungtata.
5. Vitamin C
Vitamin C sudah terbukti baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit Keratitis. Maka mengonsumsi makanan tinggi vitamin C baik untuk kesehatan mata. Vitamin C bisa didapat dari buah dan sayur seperti jeruk, bayam, jambu, dan lain-lain. Banyak suplemen makanan penyebuh keratitis pungtata yang didalamnya dimasukkan kandungan alami vitamin C yang diekstrak dari buah dan sayur asli sehingga aman untuk dikonsumsi.
6. Quercetin dan Glutathione
Merasa asing dengan kandungan ini? Sebenarnya quercetin dan glutahione terkandung dalam makanan yang sehari-hari kita konsumsi namun kita tidak begitu paham dengan kandungan makanan tersebut. Biasanya quercetin dan glutathoine terkandung dalam bawang putih. Menurut penelitian, kandungan bawang putih lainnya adalah vitamin B1, selenium, serta vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut dapat melindungi mata dari berbagai radikal bebas dan memperlancar sirkulasi darah juga menutrisi sel-sel optik yang tentunya bermanfaat untuk mata.
7. Lycopene
Lycopene mungkin sering diidentikan dengan kesehatan kulit. Namun sebenarnya lycopene juga baik untuk merawat kesehatan mata. Suplemen yang mengandung lycopene baik untuk penyembuhan Keratitis. Lycopene juga banyak terkandung dalam makanan sehari-hari seperti tomat segar. Tomat segar yang berwarna merah mengandung lycopene, vitamin C, dan vitamin A. Kesemuanya merupakan nutrisi baik untuk mata.
8. Flavonoid
Makanan ataupun suplemen makanan yang mengandung flavonoid biasanya menjadi dambaan wanita karena dianggap sebagai anti-aging. Namun bukan hanya itu, flavonoid mampu memproteksi pembuluh darah pada mata yang pada akhirnya bisa menjada kesehatan retina ataupun kornea. Flavonoid banyak terkandung pada dark chocolate. Bagi para pecinta coklat, jika mengonsumsi dark chocolate secara teratur mampu meningkatkan kualitas daya visualisasi mata dan menyembuhkan Keratitis.

Beberapa penyebab Keratitis Pungtata Superfisialis

Selain mengetahui pengobatannya, tentunya kita juga harus mengenal penyebab penyakit mata Keratitis yang satu ini. Diantaranya:
1.  Infeksi
Infeksi bisa terjadi karena beberapa hal. Namun dua penyebab utama terjadinya infeksi berasal dari virus atau bakteri. Virus atau bakteri yang masuk ke mata dapat menyebabkan infeksi yang jika keadaannya cukup parah maka bisa menyebabkan keratitis pungtata.
2.  Sinar
Sinar memang baik karena mata membutuhkan cahaya untuk dapat memproyeksikan objek yang dilihatnya. Namun, sinar yang berlebihan seperti sinar ultraviolet, sinar las listrik, ataupun sinar lampu bisa merusak mata. Jika hanya terpapar sekali mungkin mata hanya akan terasa perih dan merah. Namun jika terlalu sering maka mata akan mulai menunjukkan gejala-gejala lainnya yang lebih parah.
3.  Iritasi
Mata memang rentan terkena iritasi. Bisa disebabkan karena alergi ataupun hanya karena debu dan kotoran. Jika mata secara terus menerus terkena debu dan kotoran maka mata akan iritasi dan solusi cepatnya cukup dengan meneteskan obat tetes mata. Namun justru obat tetes mata pun bisa menjadi penyebab keratitis pungtata karena ada sebagian orang yang alergi terhadap beberapa kandungan yang ada pada tetes mata.
4. Lensa kontak
Penggunaan lensa kontak baik untuk membantu penglihatan ataupun hanya sekedar life style memang sah-sah saja. Namun jika kebersihan dan perawatannya tidak dijaga maka ia bisa menjadi penyebab Keratitis. Saat ini, penggunaan lensa kontak menjadi salah satu penyebab terbesar keratitis pungtata. Maka, gunakanlah lensa kontak dengan baik berikut dengan perawatan dan kebersihannya agar mata tetap steril dan sehat. Dengan tahu penyabab penyakit mata Keratitis maka akan mudah juga proses penyembuhan Keratitis pada mata penderita .
Jika terjadi keluhan seperti mata terus menerus merah, berair, mengeluarkan kotoran, perih, pandangan terasa kabur, sakit, sensitif terhadap cahaya, serta terasa panas maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Terlebih jika keluhan-keluhan tersebut berlangsung lebih dari satu hari. 
Dikhawatirkan mata terkena Keratitis sehingga memang dibutuhkan penanganan cepat dari dokter agar anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi keratitis. Selain itu, jangan lupa untuk konsumsi suplemen makanan yang alami untuk mempercepat proses penyembuhan mata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *