Mata Juling Pada Anak Bayi Disebabkan Apa Saja ?- Strabismus ( Crossed Eyes )

Mata Juling atau strabismus adalah kondisi dimana mata tidak sejajar satu dengan lainnya; contohnya satu mata tampak melihat lurus sedangkan mata lainnya tampak melihat kearah lain. Kondisi ini dapat terjadi pada usia manapun namun yang sering adala anak usia dini yang masih bayi . Mata yang juling dapat mengarah ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau satu mata lebih tinggi dari mata lainnya. Strabismus dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan strabismus pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia).

Mata Juling Pada Anak Bayi Disebabkan Apa Saja ?- Strabismus ( Crossed Eyes )

Mata Juling Pada Bayi Disebabkan ?

Namun sebelumnya kita lihat dulu cici-ciri mata juling atau tanda-tandanya
Mata Juling
Mata Juling Pada Bayi

Cici-ciri mata juling Pada bayi

1. Fokus mata bayi baru optimal pada usia 3-6 bulan. Maka anda dapat melakukan test kepekaan fokus pada bayi dimulai pada usia 3 bulan. Arahkan warna dan mainan yang dia sukai, amati apakah fokus kedua matanya tertuju pada obejek yang sama atau tidak. Apabila mengalami perbedaan fokus anda jangan terburu-buru mengatakan bahwa bayi anda juling sebelum usia bayi anda 6 bulan.
2. Lakukan test mata pada saat usia bayi anda 6 bulan caranya adalah dengan permainan sederhana di rumah. Sorotkan cahaya senter pada arah tengah tengah diantara kedua mata bayi. Sehingga anda dapat mendeteksi refleks cahaya dari mata bayi di tengah tengah bola mata atau tidak. Bayi yang mendeteksi ditengah-tengah anda dapat bernapas lega karena memang mata bayi anda tidak memiliki masalah sedangkan pada bayi yang tidak di tengah maka kemungkinan bayi anda mengalami juling.
Lalu apa saja penyebab mata jiling ini ?

Penyebab Mata Jiling

1. Mata juling paling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata. Dapat juga disebabkan oleh ukuran kacamata abnormal (contohnya hiperopia tinggi atau miopia tinggi), atau apapun yang menghalangi pandangan satu mata (contohnya katarak anak atau kelainan mata lainnya). Kadang kala, dapat juga diakibatkan oleh ketidaknormalan saraf yang membentuk otot mata atau ketidaknormalan otot mata atau jaringan sekelilingnya dalam soket mata.
2. Mata Juling yang disebabkann oleh mata yang malas sehingga salah satu mata bayi anda tidak aktif melihat sehingga koreksi yang dapat anda lakukan adalah dengan menutup mata bayi normal sehingga mata yang malas pada bayi anda dapat dilatih.
3. Penyebab Mata Juling selanjutnya yang disebabkan karena keterbatasan penglihatan hal ini disebabkan karena rabun dekat sehingga diperlukan kacamata plus pada saat anak anda dewasa. Keterbatasan penglihatan yang dapat dideteksi dini adalah salah satunya perbedaan kemampuan melihat antara kanan dan kiri.
3. Faktor Penyebab Mata Juling Terakhir adalah otot mata yang panjang sebelah sehingga dibutuhkan operasi. Operasi yang dilakukan dapat lebih dari satu kali. Meskipun demikian operasinya ringan dan hampir tidak memiliki efek samping. Sehingga penting konsultasi dengan dokter spesialis anak.
Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan pada usia anak anda 2 tahun. Biasanya akan diminta untuk data data.Terdiri dari pada usia 6 bulan,usia 1 tahun atau 2 tahun. Data ini sangat penting bagi dokter untuk menentukan kelainan pada anak anda merupakan kelainan bawaan atau bukan bawaan. Sehingga pada usia balita (di bawah 5 tahun) sangat penting sekiranya untuk dapat menghilangkan dominasi dari salah satu mata yang tidak juling pada anak anda. Dengan adanya dominasi fungsi, penglihatan mata yang juling sehingga mengalami penurunan

Cara mengobati mata yang juling
Apaun untuk Pengobatan mata juling sangant  bervariasi tergantung dari tipe mata juling yang ada. Pada beberapa kasus, pengobatan non-medis (contohnya penggunaan kacamata dan latihan fusi) lebih sesuai, sedangkan pada kasus lainnya diperlukan operasi dini.
Karena mata juling terkadang berhubungan dengan masalah otak atau masalah mata lain yang lebih buruk, hal pertama yang dokter anda akan lakukan adalah pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan bahwa tidak terdapat masalah-masalah lain tersebut.

Mata juling bisa disembuhkan :

1. Mencoba untuk mengoptimalkan penglihatan kedua mata dan memberikan anak kacamata yang sesuai,
2. Mengobati masalah ambliopia (mata malas) yang mendasarinya,
3. Pengobatan non-bedah seperti plester mata, latihan fusi atau konvergen untuk mengajari anak
bagaimana menggunakan kedua mata bersamaan .
4. operasi namu coba duli dengan cara diatas baru bertindak operasi sebab yang dikhawatirkan bukan penyakit mata juling disembuhkan malahan mendatangkan penyakit baru .
Demikian artikle sekilas tentang mata juling dan cara mengobatinya tanpa operasi semoga bisa manfaat jangan lupa like dan share ya sobat .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *