Kornea Mata ( cornea eye ) dan Cara Mengatasi Kornea Mata Tergores , Berwarna Kuning , Putih dan Mengering Karena Kekurangan Vitamin A

Kornea mata sudah kita kenal yaitu adalah bagian depan mata yang tembus pandang yang menutupi iris dan pupil. Bila kornea disentuh maka kelopak mata akan menutup secara refleks. Kornea tidak memiliki pembuluh darah. tapi terkadang banyak gangguan penyakit pada kornea mata disini saya akan membahas tentang itu dan sekalgus cara mengobati penyakit kornea mata dengan mengambil judulu yang panjang sekali yaitu :

Kornea Mata dan Cara Mengatasi Kornea Mata Tergores , Berwarna Kuning , Putih dan Mengering Karena Kekurangan Vitamin A

Penting kita menjaga keorena mata sebab korena mata berfungsu untuk :
  1. Kornea mempunyai kemempuan membiaskan cahaya yang paling kuat dibanding dengan sistem optik retraktif lainnya.
  2. Kubah kornea akan membiaskan sinar kelubang pupil didepan lensa. Kubah kornea yang semakin cembung akan memiliki daya bias yang kuat.
  3. Peran kornea sangat penting dalam menghantarkan cahaya masuk kedalam mata untuk menghasilkan penglihatan yang tajam, maka kornea memerlukan kejernihan, kehalusan dan kelengkungan yang tertentu.
    Kornea Mata

Kornea mata Tergores

Perlu di ketahuo Penyebab umum dari kornea mata tergores dan lecet di permukaan mata (kornea lecet) semakin menusuk di mata atau menggosok mata bila benda asing hadir, seperti debu atau pasir. Kornea lecet sangat tidak nyaman dan menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya yang parah.
Jika Anda tahu sesuatu telah tergores mata Anda, sangat penting untuk melihat dokter mata Anda atau ruang darurat / pusat perawatan mendesak untuk mencari pengobatan untuk cedera mata Anda.
Goresan juga dapat membuat mata Anda rentan terhadap infeksi dari bakteri atau jamur. Beberapa jenis bakteri dan jamur bisa masuk mata melalui goresan dan menyebabkan kerusakan serius dalam waktu 24 jam. Bahkan dapat mengakibatkan kebutaan. Hal ini terutama benar jika apa pun yang tergores mata anda kotor atau terkontaminasi.
Ingat juga bahwa infeksi dari cedera mata seperti goresan dapat berasal dari sumber tak terduga seperti kuku bayi atau cabang pohon.

Cara Mengatasi Korena mata Tergores

Jika Anda memiliki mata tergores, jangan gosok. Dan jangan tutup mata Anda, baik. Bakteri seperti gelap, tempat yang hangat untuk tumbuh, dan patch mungkin menyediakan lingkungan yang ideal. Cukup menjaga mata tertutup atau longgar tape cangkir kertas atau perisai mata di atasnya. Temui dokter Anda sesegera mungkin untuk memeriksa jenis cedera mata.
Menembus atau Asing Objek dalam Mata
Jika benda asing seperti logam atau hook ikan menembus mata Anda, kunjungi ruang darurat / mendesak pusat perawatan segera. Anda bisa menyebabkan cedera bahkan lebih untuk mata Anda jika Anda mencoba untuk menghapus objek sendiri atau jika Anda menggosok mata Anda.
Jika memungkinkan, cobalah merekam longgar cangkir kertas atau perisai mata atas mata Anda untuk perlindungan, kemudian mencari bantuan.
Mata Anda juga mungkin memiliki benda asing kornea yang kecil, potongan tajam zat (biasanya logam) yang telah menjadi tertanam di permukaan mata (kornea), tetapi belum menembus ke bagian dalam mata.
Badan logam asing dapat dengan cepat membentuk sebuah cincin karat dan bekas luka signifikan. Dokter mata Anda harus menghapus benda asing tersebut dengan sesegera .

Kornea Mata Berwarna Kuning

Penyakit kornea mata berwarna kuning disebut dengan istilah kedoterannya Ulkus Kornea (UK) . adapun yang disebut ulkus korena tersebut adalah Infeksi pada kornea bagian luar dan biasanya terjadi akibat jamur, virus, protozoa, atau beberapa jenis bakteri seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokukus. Awal terjadinya infeksi ini biasanya karena kelilipan atau tertusuk benda asing. Penyakit ini bisa terjadi di seluruh permukaan kornea sampai bagian dalam dan belakang kornea. Memiliki gejala mata merah, gatal, berair, nyeri, muncul kotoran mata, peka pada cahaya, terdapat bintik nanah warna kuning keputihan pada bagian kornea, dan gangguan penglihatan.

Gejala Kornea Mata Kuning

Ulkus kornea menyebabkan nyeri, peka terhadap cahaya (fotofobia) dan peningkatan pembentukan air mata, yang kesemuanya bisa bersifat ringan.
Pada kornea akan tampak bintik nanah yang berwarna kuning keputihan.
Kadang ulkus terbentuk di seluruh permukaan kornea dan menembus ke dalam.
Pus juga bisa terbentuk di belakang kornea.
Semakin dalam ulkus yang terbentuk, maka gejala dan komplikasinya semakin berat.
Gejala lainnya adalah:
  1. gangguan penglihatan
  2. mata merah
  3. mata terasa gatal
  4. kotoran mata.

Diagnosa Kornea Mata Kuning

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata.
Pemeriksaan diagnostik yang biasa dilakukan adalah:
  1. Ketajaman penglihatan
  2. Tes refraksi
  3. Tes air mata
  4. Pemeriksaan slit-lamp
  5. Keratometri (pengukuran kornea)
  6. Respon refleks pupil
  7. Goresan ulkus untuk analisa atau kultur
  8. Pewarnaan kornea dengan zat fluoresensi.

Pengobatan Kornea Mata Kuning

Ulkus kornea adalah keadaan darurat yang harus segera ditangani oleh spesialis mata agar tidak terjadi cedera yang lebih parah pada kornea.
  1. Tergantung kepada penyebabnya, diberikan obat tetes mata yang mengandung antibiotik, anti-virus atau anti-jamur.
  2. Untuk mengurangi peradangan bisa diberikan tetes mata corticosteroid.
  3. Ulkus yang berat mungkin perlu diatasi dengan pembedahan (pencangkokan kornea).

Kornea Mata Berwarna Putih

Adapun Faktor yang menyebabkan kejernihan kornea ada dua , yaitu
Permukaan kornea dikelilingi oleh cairan, agar mampu menahan cairan dan untuk mempertahankan kadar cairan pada tingkat tertentu maka dibagian depan kornea terdapat epitel dan dibagian belakang dilapisi endotel, yang berfungsi memompa cairan keluar kornea apabila berlebihan.
Tidak mengandung zat tanduk, pembuluh darah, struktur dan susunan jaringan relatif homogen dan teratur.

Apa saja Penyebab Korena Mata Putih Atau keruh

Adapun penyabab kornea mata berwarna putih ialah Terganggunya faktor yang menyebabkan kejernihan tersebut, seperti tersebut diatas terganggu dapat menimbulkan kekeruhan kornea. Menurunnya tingkat kejernihan atau kekeruhan dapat bersifat sementara atau menetap atau selemanya.
Kekeruhan kornea dapat disebabkan karena kornea terluka, misalnya: karena trauma, infeksi oleh bakteri, jamur atau virus, atau terjadi reaksi penolakan tubuh atau autoimun, atau akibat kelainan bawaan yaitu terdapat penumpukan material abnormal, kerusakan endotel akibat kenaikan tekanan bola mata, bahkan komplikasi tindakan bedah.
Penurunan kejernihan kornea dapat menimbulkan gangguan penglihatan, mulai dari rasa silau sampai terjadi penurunan ketajaman penglihatan sampai kebutaan.

Cara Memulihkan Kornea Mata Berwarna Putih

Sebagian penderita yang terganggu penglihatannya atau kebutaan akibat kerusakan kornea masih dapat dipulihkan kembali penglihatannya dengan tindakan pencangkokan (transplantasi) kornea, dalam istilah kedokteran disebut keratoplasti .
Transplantasi Kornea
Pencangkokan kornea dilakukan dengan cara mengangkat kornea penderita yang keruh dan menggantinya dengan kornea donor yang masih jernih. Tindakan ini dibedakan menjadi:
Pencangkokan Kornea Lameler, hanya sebagian dilapisi kornea yang diganti oleh kornea donor. Tindakan ini dilakukan apabila lapisan endotel penderita masih dapat menjalankan fungsi pompanya dengan baik.
Pencangkokan Kornea Tembus, dilakukan apabila seluruh lapisan kornea penderita diangkat dan digantikan dengan kornea donor.
Namun jika anda mengalami penyakit mata yang menimbulkan kebutaan sebaiknya jangan lakukan operasi mata yang berkaitan dengan donor mata yang meninggal dunia , sebab jika dikira-kirakan anda meninggal lalu badan di kubur sedangkan mata kamu dipakai orang ? munkin sangat tidak setuju . Bersabarlah atas gangguan mata dan cari alternatif lain yang bisa meregenaerasi masalah penyakit sobat tanpa menyakiti orang lain .

Kornea Mata Mengering Karena Kekurangan Vitamin a

Penyakit korenea mata mengering disebut dengan Keratomalasia (Xeroftalmia, Keratitis Xerotik) adalah suatu keadaan dimana kornea menjadi kering dan keruh akibat kekurangan vitamin A, protein dan kalori .
Keratomalasia biasanya terjadi akibat kekurangan vitamin A yang berat.Vitamin A penting untuk fungsi penglihatan yang normal, juga untuk pertumbuhan tulang, kesehatan kulit dan melindungi selaput lendir pada saluran pencernaan, saluran pernafasan dan saluran kemih.

Penyebab Kornea Mata Kering

  1. Di negara-negara berkembang, kekurangan vitamin A dan keratomalasi merupakan penyebab utama dari kebutaan pada masa kanak-kanak.
  2. Di negara-negara tersebut, kekurangan vitamin A seringkali terjadi sebagai akibat malnutrisi pada bayi dan anak-anak yang masih muda.
  3. Di negara maju, kekurangan vitamin A dan keratomalasi terjadi akibat beberapa keadaan berikut yang berhubungan dengan proses penyerapan, penyimpanan ataupun pemindahan vitamin A, seperti: Penyakit seliak
  4. Kolitis ulserativa
  5. Fibrosis kistik
  6. Penyakit hati
  7. Pembedahan bypass pada usus.

Gejala Kornea Mengering Karena Kekurangan Vitamin A

Adapun gejala kekurangan vitamin A meliputi gejala xeropthalmia (mata kering) suatu kelainan pada selaput lendir (konjungtiva) dan selaput bening (kornea) mata. Keadaan kekurangan vitamin A yang mengenai mata ini bila dibiarkan tanpa penanganan yang serius dapat berakibat kebutaan yang permanen. Tahapan gejala xeropthalmia hingga terjadi kebutaaan melalui beberapa proses .
  1. Gejala awal dari proses xeropthalmia adalah berupa buta senja. Kebutaan ini biasanya terjadi pada senja hari dan tidak disadari oleh orang lain karena keadaan mata seakan masih normal atau tak nampak satu kelainan apapun pada mata. Hanya dapat diketahui ketika seseorang menderita kekurangan Vitamin A ini sering menabrak benda benda yang berada disekitar ketika berjalan dalam suatu ruangan. Sedangkan bagi yang belum bisa berjalan sering terlihat memojok dan tidak melihat barang atau makanan yang ada didepannya.
  2. Selanjutnya timbul gejala kekeringan pada selaput lendir pada bagian putih mata yang disebut xerosis kunjungtiva. Pada bagian konjungtiva akan terlihat kering, keriput dan kusam. Orang tua sering mengeluhkan bahwa mata anaknya tampak kering dan berubah warna seperti kecoklatan.
  3. Konjungtiva bertambah kering dan ditambah ada benda asing seperti busa sabun atau keju (disebut bercak Bitot) terutama pada celah mata sisi luar. Orang tua sering mengeluhkan mata anak ada sisiknya atau timbul busa. Dalam keadaan yang lebih berat lagi terjadi kekeringan pada seluruh bagian putih mata.
  4. Tanpa penanganan yang maksimal kekeringan bisa berlanjut hingga ke bagian hitam mata (kornea mata) yang tampak buram dan kering dan permukaan kornea tampak kasar.
  5. Keratomalasia atau perlunakan permukan kornea seakan-akan seperti bubur dan dapat terjadi ulkus/ luka pada permukaan mata, pada tahap ini juga bisa terjadi perforasi bola mata (kornea pecah).
  6. Tahap terakhir dari xeropthalmia bisa terjadi jaringan parut pada kornea mata yang disebut dalam istilah medis sebagai ” xeroftamia scar ” sikatrik kornea. Bola tampak menjadi putih atau bola mata tampak mengempis.
Diagnosa Keratomalasia
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata.

Pengobatan Kering Karena Kekurangan Vitamin A

  1. Untuk mengatasi infeksi, bisa diberikan salep atau tetes mata antibiotik.
  2. Untuk memperbaiki kekurangan vitamin A, diberikan tambahan vitamin per-oral (melalui mulut) dan untuk mengatasi malnutrisi dilakukan perbaikan gizi.
Apa saja makanan yang mengandung vitamin anda yang dis sarankan untuk anda sobat ?

Makanan Sumber Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk pemeliharaan sel kornea mata, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, pembentukan dan pengaturan hormon, serta melindungi tubuh terhadap kanker. Vitamin A banyak terdapat pada sayur-sayuran (wortel, ubi, labu kuning, bayam, tomat), buah-buahan (pepaya), susu, keju, mentega, dan telur.
1. Buah naga
Buah unik yang satu ini adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan sarat beta karoten yang sangat baik untuk memelihara daya lihat mata.
2. Buah apel
Pasti Anda tak asing dengan buah ini, banyak sekali makanan olahan dari buah apel dengan tujuan utama berinovasi dan pastinya membuat peminat lebih menikmati buah ini meski telah dirubah menjadi berbagai olahan.
3. Buah Anggur
Buah manis dengan banyak varian warna ini juga mengandung vitamin A melimpah yang dibutuhkan oleh mata agar terhindari dari penyakit katarak dan degenerasi makula.
4. Wortel
SUDAH PASTI. Orang yang awam dengan kesehatan pun tahu kalau wortel mengantongi segudang manfaat untuk mata. Selain menjaga mata tetap sehat ternyata wortel juga bisa membuat warna mata menjadi lebih jernih, jadi tak heran jika kelinci memiliki warna mata yang mempesona.
5. Buah mangga
Mangga yang sudah matang biasanya berwarna orange mencolok, buah mangga yang sudah seperti ini memiliki kandungan vitamin A cukup banyak. Beda dengan yang masih muda berwana kuning kehijauan yang rasanya asam dan biasanya dikonsumsi ibu-ibu dengan menjadikannya rujak.
6. Sayur bayam
Jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang mencukupi kebutuhan mata agar tetap sehat. Selain nutrisi tersebut, sayur bayam juga menutrisi mata dengan bantuan lutein dan zeaxathin.
Itulah artikel tentang Kornea Mata yang panjang sekali mudah-mudahan sobat tidak bosan namun ini tujuannya agar lebih jelas tidak perlu pindak ke web site yang lain sekian saja semoga artikel yang panjang ini bisa memberi manfaat .
obat kornea tergores di apotikperawatan pada kornea yabg tergores

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *