Jenis-Jenis Gangguan Pada Mata Dan Penyebabnya beresta Cara Mencegahnya

Setiap orang pasti pernah mengalami Gangguan Pada Mata baik yang ringan ataupun yang parah. Mata memang memiliki fungsi yang esensi sekali. Bagaimana tidak, ia ibarat lensa kamera manusia. Jika tidak ada mata, maka tidak ada yang bisa dilihat. Atau, jika mata mengalami gangguan sedikit saja, pasti akan langsung terasa dampaknya. Maka dari itu, mata harus benar-benar dijaga supaya terhindar dari berbagai gangguan yang dapat mengganggu fungsinya.

Gangguan Pada Mata Akibat Penggunaan Computer

Ada yang bilang mata itu jendela hati. Dari mata kita bisa melihat berbagai macam ekspresi. Maka, tidak heran jika banyak yang mempercantik mata demi dapat mengekspresikan diri dengan optimal. Meskipun begitu, kesehatan mata tetaplah menjadi prioritas. Mata adalah salah satu anggota tubuh yang cukup sensitif. Terkena debu saja, ia bisa langsung kemerahan karena iritasi. Melihat komputer dalam waktu lama pun bisa menyebabkan Gangguan Pada Mata.

Jenis-Jenis Gangguan Pada Mata Dan Penyebabnya

Didunia medis, mata sendiri memiliki spesialisasinya. Terbukti dengan adanya rumah sakit khusus mata, dokter spesialis mata, dan sebagainya. Selain karena perananannya yang amat esensi, mata juga menjadi daya tarik dan keindahan seseorang. Untuk itu, ada baiknya jika kita mengenali berbagai jenis Gangguan Pada Mata supaya bisa menambah pengetahuan dan mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan jika ciri-ciri mata terganggu menimpa kita.

  • -Rabun

Gangguan jenis ini ada dua macam yaitu rabun jauh atau miopi dan rabun dekat atau hipermetropi. Miopi biasanya terjadi karena bayang-bayang benda yang berjarak jauh jatuh didepan retina disebabkan bola mata yang terlalu panjang. Biasanya kita menyebutnya mata minus. Yang sering mengalami gangguan ini biasanya anak-anak, remaja dan dewasa. Untuk membantu melihat lebih jelas biasanya digunakan lensa cekung atau negatif.
Sedangkan untuk hipermetropi adalah kondisi yang berbanding terbalik dengan miopi. Jika miopi hanya mampu melihat objek jarak dekat, maka, penderita hipermetropu tidak dapat melihat objek dekat. Sedangkan objek yang jaraknya jauh dapat terlihat jelas. Untuk membantu melihat dengan baik, biasanya digunakan lensa cembung atau plus. Anak ataupun orang dewasa bisa mengalami jenis Gangguan Pada Mata ini.

  • – Astigmatisma

Astigmatisma juga mempunyai sebutan lain yaitu mata silindris. Biasanya penderita astigmatisma lebih bisa jelas melihat objek vertikal daripada horizontal. Kelainan ini terjadi karena bola mata mempunyai tingkat kelengkungan yang berbeda sehingga fokusnya pun berbeda. Akhirnya, objek tidak terlihat dengan jelas karena bayang-bayangnya pun tidak jatuh pada tempat yang seharusnya sama. Lensa silindris digunakan untuk membantu penglihatan penderita astigmatisma. Penderita ini biasanya anak-anak sampai dewasa.

  • – Buta Warna

Gangguan mata yang satu ini juga banyak dialami manusia. Dalam gangguan mata ini yang bermasalah adalah butiran sensor pigmen (warna) dan masalah ini terjadi pada sel syaraf. Penderita buta warna biasanya sulit membedakan warna merah, kuning, hijau, dan biru. Penyebab buta warna bisa karena faktor genetik. Namun penderita bisa menggunakan lensa khusus untuk dapat membantu melihat warna dengan lebih jelas.

  • – Presbiopi

Presbiopi sering disebut juga dengan istilah mata tua. Penderita kelainan mata ini memang biasanya yang sudah berumur 40 tahun keatas. Dimana faktor usia lah yang menjadi penyebab berkurangnya daya penglihatan pada mata. Baik objek jarak dekat ataupun jarak jauh biasanya menjadi buram. Yang mengalami gangguan biasanya otot mata. Karena hal ini sulit untuk dihindari, maka lensa cekung dan cembung lah alat yang bisa membantu penderita melihat lebih baik.

  • – Katarak

Katarak menjadi salah satu Gangguan Pada Mata yang cukup serius. Pada kondisi yang sudah cukup parah diperlukan prosedur operasi untuk menghilangkannya. Katarak merupakan suatu kondisi mata dimana ia mengalami hidrasi atau penambahan cairan serta adanya denaturasi pada protein lensa. Biasanya mata mengalami kekeruhan yang bisa semakin menyebar. Meskipun ada juga yang penyebarannya dalam waktu yang lama. Yang paling sering terkena gangguan mata ini adalah orang yang sudah lanjut usia.

  • – Nyctalopia

Nyctalopia juga dikenal dengan istilah rabun senja. Jenis Gangguan Pada Mata ini adalah kondisi dimana daya penglihatan berkurang dikala sore atau malam hari atau pada cahaya yang redup. Banyak juga yang menyebut nyctalopia ini dengan sebutan rabun ayam. Hal ini dikarenakan ayam juga tidak mampu melihat dengan jelas dikala senja atau malam hari. Yang menjadi sumber masalah adalah adanya kerusakan pada sel-sel retina. Biasanya, katarak juga menjadi penyebab terjadinya rabun senja ini.

  • – Ablasio

Penyakit ini cukup menyeramkan karena ini merupakan kondisi dimana retina sensoris terlepas dari epitel pigmen retina. Gejala yang dirasakan penderita ablasio adalah seolah melihat benda melayang, daya penglihatan menurun drastis, terasa melihat suatu kilatan cahaya, dan lain-lain. Hal ini tentunya membutuhkan penanganan serius dari dokter mata supaya bisa diketahui kondisinya seberapa parah dan tindakan apa yang harus dilakukan. Baca juga artikel kesehatan mata lainnya: Harga . Pemesanan , Manfaat , Dan Aturan Pakai Obat Mata Herbal Aini Madu 2017

Penyebab Dan Cara Mencegah Gangguan Pada Mata
Berikut adalah beberapa penyebab gangguan mata dan cara mencegahnya agar mata tetap sehat dan tidak bermasalah:

  1. – Kelelahan Mata
    Tanpa kita sadari kita sering mengabaikan mata yang lelah karena misalnya nonton terlalu dekat jaraknya, terlalu lama didepan komputer, atau membaca ditempat yang minim cahaya. Hal-hal tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan mata. Maka untuk menjaga mata agar tetap sehat sebaiknya lakukan senam mata 20 menit sekali agar mata rileks dan otot-otot mata tetap sehat.
  2. – Ultraviolet
    Sinar ultraviolet tidak bisa disepelekan. Nyatanya, jika mata kita terppar sinar ultraviolet secara berlebih dapat merusak kornea mata. Untuk itu, pastikan untuk tidak melihat matahari secara langsung. Kemudian, memakai kacamata hitam saat melakukan aktifitas outdoor sangat dianjurkan untuk mencegah masuknya ultraviolet pada kornea mata.
  3. – Diabetes
    Diabetes juga seringkali menjadi penyebab beberapa Gangguan Pada Mata seperti misalnya glaukoma dan retinopati. Maka teruslah berkonsultasi dengan dokter jika menderita diabetes.
  4. – Pola Makan
    Pola makan yang kurang sehat juga di tengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya Gangguan Pada Mata. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting untuk mata seperti vitamin A dan B-12 agar mata tetap sehat.
  5. – Rokok dan Alkohol
    Kedua penyebab tersebut memang bisa merusak tubuh termasuk mata. Kandungan berbahaya yang terdapat pada keduanya menyebabkan mata kemerahan, sensitif, merusak makula mata, dan lainnya. Maka dari itu, jika ingin mata tetap sehati hindarilah kedua hal tersebut.

Menjaga kesehatan mata adalah kewajiban setiap individu. Membiasakan pola hidup sehat adalah kunci terjaganya kesehatan mata. Dengan menjaga mata agar tetap sehat, maka kita memiliki aset berharga yang tidak ternilai harganya. Dengan mata yang sehat, hidup kita pun bisa lebih berkualitas. Namun jika mengalami Gangguan Pada Mata sebaiknya tidak membiarkannya dan langsung konsultasikan dengan dokter , sekian dulu dari kami http://caramengobatisakitmata.blogspot.com/ semoga membantu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *