Herbal Obat Mata Rabun Jauh dan Pantangannya Paling Ampuh dan Alami

Obat Mata Rabun Jauh . Bagi teman yang belum tahu rabun jau adalah mata minus atau Myopia sehingga diartikel ini kadang dituslis dengan mata minus . dalam artikel ini akan kami beri beberapa paragraf pembuka semisal defenisi mata rabun jauh , gejala serta penyebab setelah itu kami berikan beberapa obat tradisional  Mata Rabun Jauh , selanjutnya kami tutup dengan pantangan makanan mata minus dan yang harus anda lakukan . baiklah silahkan baca artikel

Obat Mata Rabun Jauh dan Pantangannya

Mempunyai mata yang sehat tentu saja merupakan hal yang diidamkan oleh semua orang, termasuk saya. Namun terkadang, hal tersebut sulit untuk di dapatkan terutama untuk orang-orang seperti saya yang sebagian besar waktunya dihabiskan didepan layar monitor/komputer. Akibatnya akan menimbulan kerusakan pada mata secara perlahan. Misalnya mata menjadi rabun dan tidak dapat melihat suatu benda / objek secara jelas terutama yang jaraknya cukup jauh.

Myopia yang juga dikenal dengan sebutan Rabun Jauh atau Mata Minus adalah sebuah gangguan mata yang ditandai tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan baik, sedangkan untuk benda yang dekat bisa dilihat dengan jelas.
Obat Mata Rabun Jauh
Miopia sering disertai dengan gangguan mata silindris (astigmatis). Kelainan ini timbul dari dalam atau dibawa sejak seseorang masih kecil. Miopia umum ditemukan di seluruh dunia. Di negara maju, persentase penduduk yang menderita miopia biasanya lebih tinggi. Di Amerika Serikat, sekitar 25% dari penduduk dewasa menderita miopia. Sementara itu, di Jepang, Singapura, dan Taiwan, persentasenya jauh lebih besar, yakni mencapai sekitar 44%. Di Indonesia, walaupun tidak ada data statistiknya, dapat diduga hampir di setiap rumah terdapat penghuni yang menderita miopia.
Ilmu Pengetahuan Dibalik Rabun Jauh
Rabun jauh atau miopia adalah kondisi dimana sinar yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di retina, melainkan jatuh di depan retina sehingga menyebabkan gambar yang diterima mata menjadi kabur.
Istilah myopia sendiri sebenarnya baru dikenal pada sekitar abad ke 2, yang mana terbentuk dari dua kata, meyn yang berarti menutup, dan ops yang berarti mata. Ini memang menyiratkan salah satu ciri – ciri penderita miopia yang suka memicingkan matanya ketika melihat sesuatu yang baginya nampak kurang jelas, karena dengan cara ini akan terbentuk debth of focus di dalam bola mata sehingga titik fokus yang tadinya berada di depan retina, akan bergeser ke belakang mendekati retina.
Klasifikasi miopia atau macam-macam rabun jauh yang umum diketahui adalah berdasarkan ukuran dioptri lensa yang dibutuhkan untuk mengoreksinya.
  • Miopia ringan, lensa koreksinya 0,25 s/d 3,00 Dioptri.
  • Miopia sedang, lensa koreksinya 3,25 s/d 6,00 Dioptri.
  • Miopia tinggi, lensa koreksinya > 6,00 Dioptri. Penderita miopia kategori ini rawan terhadap bahaya pengelupasan retina dan glaukoma sudut terbuka.

Faktor Penyebab Mata Rabun Jauh

Beberapa hal yang mempengaruhi resiko terjadinya miopia, antara lain :

1. Keturunan. Orang tua yang mempunyai sumbu bolamata yang lebih panjang dari normal akan melahirkan keturunan yang memiliki sumbu bolamata yang lebih panjang dari normal pula. Sebagian besar kasus rabun jauh disebabkan oleh penurunan sifat dari orang tua.
2. Faktor Etnis. Ternyata, orang Asia memiliki kecenderungan miopia yang lebih besar (70% – 90%) dari pada orang Eropa dan Amerika (30% – 40%). Paling kecil adalah Afrika (10% – 20%).
3. Perilaku yang kurang sehat, misalnya:
  •  Terlalu lama bekerja di komputer.
  •  Nonton televisi terlalu dekat
  •  Kebiasaan melihat jarak dekat secara terus menerus.
  •  Membaca sambil tiduran.
  •  Membaca di tempat dengan penerangan kurang.
  •  Membaca terlalu lama tanpa beristirahat.
  • Kurang mengkonsumsi makanan bervitamin A.
  • Main game dengan TV besar dan jarak dekat
Para profesional perawatan mata, umumnya menyarankan penggunaan lensa korektif seperti kacamata atau lensa kontak. Perlu Anda ketahui bahwa kacamata dan lensa kontak bukanlah cara untuk mengobati rabun jauh. Malah, beberapa pengguna kacamata harus berulang kali ganti kacamata dengan lensa yang lebih tebal karena masalah rabun jauhnya semakin parah.
Pengganti kacamata adalah lensa kontak yang langsung dilekatkan di mata. Belakangan ini, lensa kontak tidak hanya dipakai untuk mengoreksi penglihatan, namun juga untuk menunjang penampilan. Bahkan ada, sejumlah orang yang memakai lensa kontak sekedar untuk gaya, padahal penglihatannya normal saja.
Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat bisa mengakibatkan masalah mata yang serius. Mulai dari mata kering, merah, iritasi, pedih, penglihatan menjadi kabur, gatal sampai kebutaan. Menurut Dr. H. Dwight Cavanagh, seorang profesor ahli mata dari Southwestern Medical Center, Amerika Serikat dalam tulisannya “Eye and Contact Lens” pada 2003, mengungkapkan sebanyak 2.500 pengguna lensa kontak mengalami corneal ulcers alias borok pada kornea. Hal itu terjadi pada pengguna yang menggunakan lensa kontak setiap hari.
Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 – 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mengurangi mata minus dengan memandang lilin belum terbukti secara medis.
Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus adalah dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK).

Gejala Rabun Jauh (Mata Dekat)

Ahli mata dapat mendiagnosis mata yang rabun jauh dengan pemeriksaan mata sederhana. Gejala yang paling umum dijumpai antara lain:

  1.     Penglihatan jarak jauh buram
  2.     Mata sering mengernyit
  3.     Mata tegang atau sakit kepala karena mencoba fokus

Obat Mata Rabun Jauh

Cara mengobati mata minus atau rabun bisa dibilang sulit, bahkan banyak orang yang lebih memilih menyerah dan menggunakan kaca mata. Padahal penyakit tersebut masih bisa diobati dengan cara medis namun sayang tidak semua orang punya banyak uang untuk biaya. Oleh sebab itu, searang saya ingin berbagi tips bagaimana cara mengurangi dan menyembuhkan mata minus dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan daun sirih. Tapi sebelum itu, kita akan membahas gejala-gejala mata minus.
1 . Cara Menobati Mata Rabun Jauh dengan Daun Sirih
Nah, dengan ini saya akan memberitahukan obat alami untuk memperbaiki mata minus dengan Daun Sirih. Wah, saya tidak usah menjelaskan lagi kenapa daun sirih dapat mengobati mata minus, karena sudah dibahas pada topik topik tertentu. Saya hanya memberitahu cara pengobatannya menggunakan Daun Sirih :
1. Ambillah daun sirih secukupnya (Minimal 4)
2. Masukkan Daun Sirih kedalam air yang sudah mendidih
3. Rebus daun sirih dan tunggu hingga agak layu
4. Nah, silakan dinginkan dulu air dan daun sirihnya
5. Kemudian tetesi sedikit dengan air daun sirihnya
6. Jika sudah silakan olah ragakan mata dengan memutar mata kekanan/kekiri
7. Terakhir, ambil daun sirih dan tempelkan pada mata dengan hansaplast
Nah, Silakan dicoba, biasanya digunakan saat mulai tidur. Cara ini bekerja alami jika banyak kotoran mata keluar saat pagi hari. Sekian dan apabila ada pertanyaan silakan bertanya pada komentar dibawah ini. Terima Kasih.
2. Terapi mata minus (miopi)
Pengalaman empiris membuktikan bahwa obat tetes mata keben dapat menghilangkan kelainan mata minus dan silindris secara permanen 100% pada anak-anak yang belum memasuki masa puber. Untuk orang dewasa, obat tetes ini dapat menurunkan mata minus dan silindris hingga 75%. Mekanisme kerja ekstrak biji keben dalam mengoreksi mata minus dan silindris masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Dugaan sementara adalah bahwa ekstrak biji keben dapat menyegarkan saraf-saraf optik mata yang sudah lemah, sehingga mata yang minus dan silindris dapat menjadi normal kembali.
Selama proses pengobatan, penurunan minus akan terjadi secara progresif. Karena itu, kacamata yang sudah tidak cocok karena minusnya atau silindrisnya berkurang sebaiknya tidak dipaksakan .untuk dipakai terus. Penggantian kacamata dapat dilakukan bila sudah tidak ada penurunan angka minus. Untuk memonitor penurunannya, penderita disarankan untuk memeriksakan matanya ke dokter secara berkala sebulan sekali.
Waktu yang diperlukan untuk menyembuhkan miopi tergantung pada beberapa faktor, terutama besarnya minus, usia penderita, dan ada atau tidaknya penyakit diabetes. Dari pengalaman empiris yang sudah ada, melalui pengawasan dokter, setelah dilakukan 10—12 penetesan, minusnya berkurang 0,5. Selanjutnya secara progresif, minus akan menurun hingga mencapai angka minus tertentu atau sembuh total. Penetesan dilakukan setiap 2 hari sekali, masing-masing mata 2 tetes. Sebagai contoh, bila seseorang menderita minus 2, setelah 20—24 hari minusnya akan menurun sebesar 0,5 sehingga menjadi 1,5 dan akan sembuh total setelah 40—48 penetesan atau diperlukan waktu sekitar 3 bulan.
3. Hindari Pemakaian Kaca Mata terus menerus
Jika anda merupakan penderita mata minus dan telah menggunakan kacamata untuk membantu anda untuk melihat dengan jelas, maka mulailah biasakan untuk tidak terlalu bergantung pada kacamata. Jika tidak begitu diperlukan maka lepaslah kaca mata anda. Beberapa kondisi seperti jika nada berada di ruangan sempit dan juga saat tidak membaca bagi anda penderita rabun dekat.
4. Melatih Mata Melihat Objek Tertentu
Memberikan latihan pada mata secara rutin akan membantu dalam mengatasi mata minus. Anda bisa pergi ke tempat tertentu seperti sawah dan pantai. Hal tersebut akan sangat memabntu melatih mata untuk melihat objek dengan daya pandang yang luas.
5. Melatih Mata Melihat Benda yang Bergerak
Selain melatih mata terhadap objek luas, maka sanagt penting juga untuk melatihnya untuk melihat benda yang bergerak, Jika anda melihat mobil di jaan raya, maka dengan memperhatikan dengan seksama gerakannya maka akan memberikan efek yang baik bagi mata anda.
6. Terapi lilin
Selain menggunakan daun sirih sebagai terapi maka lilin pun juga dapat membantu anda. Nyalakanlah lilin yang kemudian nantinya lilin tersebut digunakan untuk merangsang air mata anda agar keluar.
7. Memakai kaca mata saat berkendara
Debu merupakan salah satu faktor yang merusak fungsi mata. Oleh karena itu saat berkendara usahakanlah untuk memakai kaca mata agar terhindar dari debu saat berada du jalanan.
8. Berjemur
Dengan melakukan kegiatan berjemur untuk mata anda maka hal tersebut juga akan sangat membantu dalam mengobati mata minus. Jika ingin berjemur maka lakukanlah dengan cara yang benar, yaitu tutup mata anda dan kemudian langsung menatap matahari selepas anda membukanya.Selain itu gerakkanlah leher anda kanan ke kiri dengan tujuan bisa memberikan kelancaran terhadap sirkulasi dara anda pada leher. Lakukan hal ini selama 3-5 menit.

Pantangan Mata Rabun

Berikut ini hal hal yang perlu diperhatikan dan dihindari agar mata tidak terus bertambah minusnya
1 . Hindari makanan cepat saji .
2 .Minum Alkohol dan mabuk , orang norma saja mabuk susah ngeliat apalagi yang mabok .
3. Selalu melakukan pengecekan mata ke dokter mata meskipun tidak ada keluhan
4. Menjaga tubuh dari penyakit yang bisa berpengaruh terhadap penglihatan seperti Diabetes dan tekanan darah tinggi.
5. Pilih kacamata yang dapat melindungi dari radiasi sinar ultraviolet
6. Hindari kebiasaan buruk seperti berlama lama di depan komputer, terlalu dekat nonton TV, dan membaca sambil tidur
7. Sering mengistirahatkan mata.
8. Pada saat membaca gunakan penerangan yang cukup, jangan memaksakan mata untuk melihat di area gelap.
 9. Konsumsi makanan yang banyak mengandung Lutein, seperti sayur berwarna hijau ( lutein sangat diperlukan oleh retina mata untuk menjaga terhadap sinar matahari )
10. Konsumsi makanan ber vitamin A dan beta karoten seperti wortel dan ubi.

Demikianlah kami jelaskan obat mata rabun semoga dengan artikel ini bisa menjawab keluhan anda dan bisa bangkit dari keterpurukan yang sempat putas asa .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *