Biaya Operasi Lipatan Kelopak Mata Blepharoplasty dan Risikonya

Operasi Kelopak Mata ialah Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk memperbaiki penampilan kelopak mata secara instan .Operasi kelopak mata atau lipatan mata  yang dikenal dalam istilah blepharoplasty. Di sini saya akan menjelasakan prosedur atau perjalanan seorang pasien yang di operasi kelopak matanyan .

Operasi Lipatan Kelopak Mata Blepharoplasty dan Risiko

Operasi kelopak mata dilakukan dengan mengambil kelebihan lemak yang terdapat di sekitar kelopak mata. Hal ini dapat dilakukan pada kelopak mata atas, kelopak mata bawah, atau keduanya.Saat operasi dilakukan pada kelopak mata bagian atas, sekitar satu sentimeter di atas lipatan bulu mata, sebuah sayatan dibuat yang biasanya meluas ke wilayah kerut di ujung mata.Kemudian, kelebihan kulit bersama dengan jaringan adiposa berlebih akan diangkat dan daerah sayatan lantas dijahit.
Operasi Lipatan mata
Ketika operasi kantung mata dilakukan pada kelopak mata bawah, sayatan dibuat di bawah bulu mata dan kemudian diperpanjang sampai wilayah kerut di ujung mata.Kulit diangkat dan setiap kelebihan kulit dan/atau lemak dihilangkan.
Melalui prosedur ini, ahli bedah memiliki fleksibilitas untuk memperbaiki kontur kelopak mata bawah dan lingkaran hitam di bawah mata.

Pemulihan setelah Operasi Kelopak Mata

Proses pemulihan setelah operasi kelopak mata sebenarnya tidak terlalu rumit asal pasien menuruti apa yang disarankan dokter.Untuk jangka waktu sekitar seminggu atau lebih, pasien mungkin mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan pada mata.Mungkin muncul pula bengkak dan memar di mata yang semuanya dapat diatasi dengan bantuan analgesik.Untuk mencegah kemungkinan infeksi, pasien harus mengoleskan salep antibiotik pada mata selama beberapa hari sehingga jahitan tidak terinfeksi.
Pasien mungkin akan mengalami kesulitan tidur karena ketidaknyamanan mata ringan, tapi hal ini umumnya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.Melindungi mata dari sinar matahari baik dengan tinggal di dalam ruangan atau dengan mengenakan kacamata hitam setiap kali keluar ruangan juga direkomendasikan.
Pasien dianjurkan pula tidur dengan ganjal kepala untuk mencegah pengumpulan cairan pada kelopak mata.

Risiko Operasi Kelopak Mata

Operasi Kelopak Mata bukan berarti bebasa resiko gangguan mata tapi bisa jadi akan mengalami sakit mata bengkak , dan sebagainya untuk lebih jelasnya coba lihat di bawah ini .
  1. Salah satu komplikasi yang timbul adalah terjadinya gesekan pada kornea yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan mata. Kondisi ini umumnya dapat ditangani dengan obat tetes mata.
  2. Kemungkinan efek samping lain adalah terjadinya mata kering atau pembentukan bekuan darah di mata.
  3. Terdapat pula kemungkinan penglihatan ganda dan bahkan kebutaan pada kasus yang sangat jarang

Demikianlah artikel tentang operasi lipatan kelopak mata semoga saja artikel ini bisa manafaat buat sobat .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *