Bagaimana Cara Mencegah Mengobati Sakit Mata Menular lewat Tatapan dan Udara

Sakit Mata Menular . Mitos berjalan di masyarakat adalah mentap mata yang sakit akan membawa sakit mata pula dan ini saya rasakan sendiri saat waktu kecil enath itu mitos atau daya tahan tubuh yang kebal . Namun , mitos ini banyak dibantah oleh para ilmuan yang bergelut di dibidang kedokteran . Anggapan sakit mata menular lewat pandagan [saling tatap mata] ternyata masih menancap dalam “kepercayaan” masyarakat, padahal sebenarnya pendapat itu salah besar nggak boleh. Ketika ada seseorang mengalami sakit mata orang-orang selalu berusaha menghindari agar tidak saling menatap agar tidak tertular.

Bagaimana Cara Penularan sakit mata menular?

Sakit Mata Menular
Sakit Mata Menular

Sakit mata menular disebabkan oleh bakteri/virus inilah yang menular. Proses penularannya adalah melalui kontak baik langsung maupun tidak langsung, Kontak langsung maksudnya mata yang sakit bersentuhan langsung dengan mata yang sehat sehingga tertular terhipnotis, sedangkan kontak tidak langsung adalah seseorang yang sakit mata menggunakan handuk mandi yang sama dengan orang yang matanya sehat sehingga bakteri/virus bisa menempel dihanduk dan beresiko menginfeksi penguna handuk lainnya.

Jenis sakit mata menular ?

Ada dua jenis sakit mata menular yang perlu kamu ke ketahui :

Konjungtivitis. Sakit mata ini disebabkan oleh peradangan karena infeksi yang terjadi pada selaput pelapis mata. Ditandai dengan mata memerah, nyeri, gatal, berair dan belekan atau keluar kotoran serta penglihatan menjadi kabur. Hal ini disebabkan virus dan bakteri, bisa alergi atau lensa kontak yang kurang bersih. Karena sakit mata ini sangat menular, maka sebisanya cepat-cepat diantisipasi dengan mengompres dengan air hangat, gunakan salep atau obat tetes mata yang disarankan dokter, yang sebelumnya mencuci tangan sampai bersih dengan sabun.

Trakoma, infeksi mata ini disebabkan oleh bakteri yang bernama chlaydia trachomatis. Bakteri ini berkembang biak didaerah kotor juga sanitasi yang tercemar dan buruk. Ditandai dengan mata merah, belekan, kelopak mata membengkak dan kelenjar betah bening dan kornea mata kelihatan penuh.

Kedua jenis sakit mata menular ini, sebenarnya bisa sem

Untuk penggunaan kacamata ketika sakit mata itu perlu untuk mengurangi beban kerja mata ketika ada sinar masuk ke mata, hindari terlalu sering menyentuh mata dan beri obat tetes mata merupakan tindakan yang tepat hebat. Agar tidak tertular sakit mata kebersihan wajib kita jaga dan hindari menggunakan handuk all in one dan jangan terlalu sering menyentuh mata

Cara Mencegah Mengobati Sakit Mata Menular

Adapun untuk Mencegah penularan, ada beberapa langkah  yang harus dilakukan:
1. Cuci tangan
Cuci tangan setelah Anda menyentuh mata. Gunakan sabun antibakteri dan cuci setidaknya dua menit dengan air hangat.
Cobalah untuk mencegah tangan Anda mengenai mata karena bisa menularkan. Gunakan semprotan desinfektan untuk membersihkan semua permukaan yang telah disentuh.
2. Tinggal di rumah
Hindari kontak dengan orang lain saat mata Anda merah muda (konjungtivitis). Tetaplah di rumah, tidak pergi bekerja ataupun sekolah. Hindari daerah di rumah atau situasi di mana Anda dikelilingi banyak orang.
3. Cuci sprei
Cuci sprei dengan air hangat untuk menghindari kembalinya terkena mata merah muda. Tambahkan produk pemutih dalam cucian Anda untuk membunuh bakteri yang mungkin menetap.
4. Sering membersihkan permukaan perabot atau alat rumah tangga yang sering digunakan bersama seperti remote, telepon, pegangan pintu, keran air, dan lain-lain dengan menggunakan pembersih antiseptik yang tepat.
5. Saat berenang, pakailah kacamata renang untuk melindungi mata diri dari bakteri dan mikroorganisme lainnya dalam air yang dapat menyebabkan konjungtivitis.
7. Kunjungi dokter
Segera kunjungi dokter agar mata Anda diperiksa. Dokter akan segera memberikan obat setelah mendiagnosa.
Obat yang diberikan pada kasus konjungtivitis berupa antibiotik topikal, bila perlu disertai antibiotik oral dan obat simptomatis. Pada infeksi virus sebenarnya tidak perlu diberikan antibiotik, namun kebiasaan pasien yang sering mengucek mata menyebabkan iritasi dan infeksi sekunder oleh bakteri. Karenanya, pemberian antibiotik menjadi rasional.

Cara Mengobati Sakit Mata Menular

Ada banyak jenis obat tetes mata yang mengandung antibiotik dan zat tambahan lain. Dokter akan memutuskan antibiotik yang paling sesuai untuk kondisi penyakit pasien dan kondisi fisik keseluruhan. Maka pasien dilarang menggunakan antibiotik secara bebas karena meningkatkan resiko resistensi bakteri.
Bola mata merupakan organ yang sangat rumit,dan bila terjadi infeksi berkepanjangan akibat antibiotik yang tidak mempan, maka komplikasi yang ditimbulkan bisa berbahaya. Karena itu gunakan antibiotik hanya melalui anjuran dokter, dan gunakan sesuai anjuran dari dokter.
Penyakit konjungtivitis bersifat hilang timbul. Saat ini merebak luas, kemudian akan hilang untuk beberapa lama, kemudian merebak lagi. Pemahaman yang tepat mengenai penularannya akan mencegah konjungtivitis menular dengan cepat.
Jika di keluarga ada yang terkena konjungtivitis, anjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. Kemudian handuk penderita direndam dengan air hangat sebelum dicuci. Ambil handuk baru dan jangan menggunakan handuk yang sama dengan penderita sakit mata menular . Lalu gunakan obat yang dianjurkan oleh dokter sampai penyakitnya tuntas. Dengan demikian anggota keluarga yang lain akan terhindar dari penularan . Jika ingin menggunakan obat alami bisa dengan bahan alami obat sakit mata tradisional juga . Deikian dulu tentang Bagaimana Cara Mencegah Mengobati Sakit Mata Menular semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *