Cara Mencegah Katarak Sejak Dini Secara Alami dan Tradisional yang Bagus

Cara Mencegah Katarak, Anjuran yang sangat pantas dan tepat untuk diamalkan sebelum terkena adalah cara terbaik untuk mencegah katarak, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Pemeliharan dan penjagaan mata secaraa terorganisir sejak dini merupakan langkah yang seharusnya dilakukan semua orang, karena faktor penyebab katarak tidak hanya disebabkan karena faktor usia, tetapi juga bisa disebabkan karena trauma mata, pengaruh penyakit Diabetes, sering terpapar cahaya yang sangat menyilaukan, efek negative dari obat kimia tertentu, kurangnya nutrisi untuk mata maupun karena faktor keturunan atau genetika.

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini Secara Alami dan Tradisional

Katarak menjadi penyakit mata yang biasanya banyak menyerang orang lanjut usia. Katarak adalah kondisi kelainan mata yang menyebabkan adanya bagian yang sangat keruh pada lensa mata. Bagian yang keruh ini akan terus berkembang dibagian pupil dan iris sehingga menghilankan pandangan. Usia paling awal terkena katarak biasanya sekitar 40 tahun, meskipun ada beberapa kasus yang lebih muda. Katarak sangat ditakuti karena ini kelainan yang menyebabkan angka kebutaan paling tinggi di dunia.

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini Secara Alami

Gejala Penyakit Katarak


Gejala katarak sendiri ditandai dengan pandangan semakin kabur hanya dalam waktu singkat, pandangan kabur layaknya seperti melihat dalam asap dan menderita miopi (rabun jauh).


Maka dari itu, jika gejala katarak muncul segera cegah dengan ramuan alami sambil memeriksakan kesehatan mata anda secara berkala pada dokter mata yang terpercaya karena pada gejala katarak yang tidak segera diobati bisa menyebabkan glukoma dan kebutaan permanen.


Pencegahan katarak dengan teknik non bedah bisa dijadikan sebagai jalan alternative dan pendekatan preventif agar gejala tidak berkembang lebih lanjut.

  •     Penglihatan buram terutama pada malam hari
  •     Menurunnya ketajaman penglihatan
  •     Hilangnya sensitivitas kontras
  •     Penglihatan ganda pada salah satu mata
  •     Terasa menyilaukan saat melihat cahaya
  •     Mata terasa gatal
  •     Sering mengeluarkan air mata
  •     Kadang mengalami nyeri pada mata
  •     Adanya pembengkakan lensa

Orang Yang Rentan Terkena Katarak


  •     Orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi
  •     Orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun dan tidak mendapatkan nutrisi yang penting untuk mata di usia sebelumnya.
  •     Orang yang pernah mendapatkan operasi mata untuk mengatasi kelainan mata
  •     Orang yang memang memiliki kebiasaan merokok dan terkena paparan asap rokok
  •     Penderita diabetes yang cenderung memiliki angka kadar gula darah tinggi
  •     Orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebihan
  •     Orang yang sering bekerja dibawah sinar matahari dan tidak menggunakan kacamata hitam
  •     Orang yang memang memiliki riwayat penyakit katarak dalam keluarga
  •     Orang yang memiliki berat badan berlebihan
  •     Orang yang pernah mengalami cedera mata

Setiap orang yang terkena katarak mungkin tidak akan berpikir jika kelak menjadi buta karena katarak. Meskipun katarak bisa disembuhkan dengan operasi namun pencegahan sejak awal menjadi langkah yang sangat penting. Berikut ini adalah cara mencegah katarak yang bisa Anda lakukan sejak awal.


Cara Mencegah Katarak Sejak Dini Secara Alami

Cara Mencegah Katarak Sejak Dini Secara Alami

Cara mencegah katarak yang masih dalam tahapan gejala bisa ditempuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan diet yang tepat. Selain itu kita juga bisa mencoba beberapa ramuan herbal alami yang khusus untuk mengatasi masalah katarak mata. Namun cara pencegahan yang paling baik adalah sebelum terkena gejala itu sendiri, yaitu dengan cara:

1. Hindari Mencoba Minum Alkohol

Kecanduan mengkonsumsi alkohol juga sangat meningkatkan resiko terkena katarak. Banyak orang yang memang tidak menyadari bahwa alkohol dapat merusak mata dengan cepat. Bahaya alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan masuk ke dalam aliran darah. Kemudian bisa menyebabkan beberapa resiko penyakit yang mematikan seperti diabetes dan gangguan fungsi organ. Salah satu akibat kecilnya maka katarak bisa muncul jika fungsi organ dan syaraf pada mata terus mengalami tekanan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Para peneliti telah banyak membuktikan bahwa orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau penderita diabetes maka resiko katarak akan lebih besar dibandingkan orang sehat. Karena itu kemampuan tubuh untuk mengatasi gula darah yang tinggi ternyata juga sangat mempengaruhi mata. Untuk itu biasakan mengkonsumsi makanan yang sehat penuh dengan vitamin A, beta karoten, antioksidan, vitamin C dan vitamin E. Batasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

3. Konsumsi Makanan Mengandung Zeaxanthin dan Lutein

Zeaxanthin dan lutein merupakan dua jenis anti-oksidan yang sangat penting untuk mata. Keduanya termasuk dalam golongan karotenoid yang banyak ditemukan pada bagian lensa mata. Bahkan karotenoid ini memiliki fungsi untuk menjaga agar lensa mata tidak ditembus kotoran. Semua jenis radikal bebas akan dilawan oleh zat-zat ini. Bahkan konsumsi zeaxhantin dan lutein akan membantu mata agar terlindungi dari bahaya sinar matahari. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah seperti bayam, lobak, sawi, kale, kacang hijau, selada, labu, asparagus, okra dan paprika hijau.

4. Hindari Paparan Asap Rokok

Asap rokok bukan hanya berbahaya untuk kesehatan paru-paru saja, ia juga sangat berbahaya untuk mata, salah satunya bisa meningkatkan resiko terkena katarak. Asap mengandung nikotin yang sangat berbahaya termasuk zat kimia yang akan merusak kebeningan mata. Anda harus mencoba untuk tidak terkena asap rokok sejak masih muda.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Beberapa jenis makanan yang mengandung anti-oksidan terdiri dari vitamin C sangat dianjurkan untuk pencegahan mata katarak, karena vitamin C bisa menghadang proses terbentuknya katarak. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 250 mg vitamin C untuk setiap hari demi mencegah katarak. Beberapa sumber makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah seperti jambu merah, jeruk, brokoli, sayuran berdaun hijau, kiwi, papaya.

Jangan lupa baca juga: Apa Penyebab Mata Pegal Sebelah Kiri Kanan Dan Cara Mengatasinya


Kesimpulannya adalah pola hidup sehatlah yang berkontribusi besar dalam pencegahan alami mata katarak yang selama ini menghantui masyarakat kita. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca yang mencarinya. Dan bagi yang sudah menjadi penderita, semoga lekas sembuh saja. Amin..

Posting Sebelumnya
Posting Berikutnya